Begini Cara Sukses Menjadi Seorang Web Designer

web designer

Bagaimana menjadi web designer yang sukses?

Ada banyak peluang untuk menjadi seorang web designer. Namun, ada ratusan ribu web designer di luar sana dan semuanya adalah orang-orang yang sangat berbakat dan kreatif.

Bayangkan saja sebuah kompetisi untuk memberikan yang terbaik untuk memposisikan diri dan mendapatkan klien terbaik. Ini seperti kita mencoba untuk mendapatkan perhatian dari Presiden ketika sedang berpidato di hadapan jutaan orang. Mustahil? Tidak, itu sangat mungkin. Dorie Clark mengatakan kita bisa terlihat menonjol dan menjadi berbeda dari yang lain.

Dalam bukunya, Stand Out, Dorie Clark mengatakan bahwa sukses menurut pandangan masyarakat ada dua cara:

  1. Seseorang diperlakukan seolah-olah dia sudah terkenal atau sukses, dan
  2. Seseorang telah menjadi sukses dalam semalam.

Sehingga banyak orang yang menghabiskan waktu untuk menemukan rumus untuk menjadi sukses atau terkenal.

Bagaimana agar terlihat menonjol?

Ada kesalahpahaman yang sering terjadi bahwa untuk terlihat menonjol kita harus menjadi terkenal atau tenar. Bagaimanapun, untuk terlihat menonjol dan berbeda dari yang lain itu bukan hanya tentang menjadi terkenal, tapi tentang bagaimana memberikan alasan kepada orang mengapa mereka harus bekerja dengan kita.

Para web designer profesional saat ini menyadari bahwa persaingan dalam harga sangat tinggi. Siapa yang menawarkan harga paling terjangkau itulah pemenangnya. Oleh karena itu, harus ada sesuatu yang menarik dari kita yang akan membuat orang tetap mempekerjakan kita meskipun persaingan sangat tinggi.

Namun, harus selalu diingat bahwa tidak ada rumus baku bagaimana menjadi seorang ahli yang diakui. Sebaliknya, ada satu set pilihan untuk menemukan mana yang cocok untuk kita. Salah satu adalah dengan memilih niche tertentu dan membangun niche tersebut secara strategis.

Sukses bukan karena kontroversi

Kontroversi itu menjual, tapi bukan hal itu yang kita harapkan. Banyak orang, brand, dan perusahaan hancur karena mereka mengejar kontroversial dalam upaya mendapatkan ketenaran dan kesuksesan. Sebagai web designer profesional, jangan mencari kontroversi hanya untuk terlihat menonjol. Sebaliknya, fokus pada siapa kita dan identitas brand kita.

Sebagai gantinya, biarkan kontroversi mengikuti kita secara alami. Ini berarti bahwa itu berakar pada siapa kita dan apa yang kita percayai. Misalnya, jika kita menjadi kontroversial karena melakukan terobosan baru berdasarkan keyakinan kita sendiri. Itu adalah kontroversi yang baik selama kita merasa nyaman dengan konsekuensi yang kita lakukan.

Ingat, jangan lakukan itu demi mendapatkan perhatian. Lakukan karena kita dan itu adalah apa yang kita perjuangkan.

Terlihat menonjol dengan ide-ide segar

Tujuan dari terobosan baru atau ide-ide segar adalah bukan untuk menjadi terkenal di dunia, tetapi adalah untuk menjadi terkenal di perusahaan atau komunitas.

Misalnya, jika kita bekerja di sebuah instansi atau perusahaan, kita tidak ingin menjadi anonim ketika lay-off terjadi, perusahaan bisa membiarkan kita pergi.

Tentu kita tidak ingin ini terjadi. Sebaliknya, kita harus membangun merek sendiri sehingga orang akan mencari kita atau mempertahankan kita.

Saat kita membangun merek, pastikan bahwa orang yang tahu apa yang kita tahu, karena jika tidak mereka tidak akan peduli apa yang kita lakukan.

Jadi, untuk terlihat menonjol dan membangun merek kita sendiri, buat orang mudah membicarakan kita. Kita bisa mengirimkan kembali email kepada klien dan berterima kasih kepada mereka atas pujian yang mereka berikan, dan jika bersedia minta mereka untuk merekomendasikan kita kepada rekan-rekan bisnis kita atau situs-situs rujukan Pemrograman.co.id.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s