10 Trik Terbaru di Youtube yang Harus Kamu Coba

Youtube

 

Hostingbali.com — YouTube selama ini telah menjadi platform hiburan yang sangat populer. Kamu bisa menemukan ribuan video tentang desain, tutorial memasak, video musik terbaru, pertandingan bola, dan bahkan menonton televisi. YouTube selalu menjadi tujuan utama setelah seharian bekerja atau kamu cukup menghabiskan akhir pekanmu di depan layar PC/laptop/tablet untuk meengksplorasi YouTube. Tapi tahukah kamu,ada banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan dalam YouTube? Tahukah kamu bahwa kamu bisa membuat file GIF dari setiap video yang ada di YouTube hanya dengan beberapa klik? Simak 10 poin berikut ini, bisa langsung kamu coba setelahnya!

1. Menambahkan Watermark atau Logo Brand

YouTube bisa melakukan hal ini. Kamu bisa menambahkan logo brand, perusahan, atau organisasi dalam videomu. Sign in ke akun YouTube dan klik tombol Creator Studio.

Klik CHANNEL > Branding > Add a watermark > Choose File Button > Save > Update.

Kemudian, kamu bisa menentukan waktu Display untuk kapan watermark atau logo itu harus muncul. Kamu hanya perlu melakukan ini satu kali dan watermark akan muncul dalam setiap video yang kamu upload.

2. Opsi Multi-Camera di bawah “Choose Your View”

Bagaimana jika kamu bisa menonton video konser atau pertandingan olahraga dari berbagai angle kamera? Kamu bisa menonton penampilan artis favoritmu dari samping panggung, tampak atas, tampak bawah atau sangat closeup.

YouTube saat ini sedang mengetes fitur ini dan akan segera meluncurkannya ke publik.

3. Ekstrak File GIF dari Video

Pasti kamu belum tahu bahwa kamu bisa mengubah porsi video dan diubah ke dalam file GIF. Berikut ini adalah contoh video yang akan diubah ke dalam bentuk GIF.

Yang harus kamu lakukan hanya menambahkan kata “gif” sebelum kata “YouTube”. Ini akan memunculkan tampilan di mana kamu bisa memilih berdasarkan waktu, durasi waktu GIF, judul dan caption yang digunakan untuk file GIF yang akan dibuat.

Atau, kamu bisa langsung menuju situs gifyoutube, dan paste link video YouTube yang akan diubah. Atur sendiri bagian yang tidak ingin dipakai kemudian klik CREATE GIF untuk mendapatkan hasilnya.

4. Menambahkan Cards dalam Video

Ini adalah fitur untuk memperkenalkan interaktif dalam videomu. Disebut Cards. Cards bisa ditampilkan pada video untuk beberapa tujuan termasuk untuk link ke video lainnya atau bahkan sugesti video yang mungkin disukai viewer. Atau, kamu bisa menambahkan website yang berhubungan dengan video sebagai card.

Untuk menambahkan card dalam video, Sign in dan pilih video yang sudah kamu upload. Kemudian cari tombol Cards di bawah video. Kemudian, pilih dari 6 jenis cards yang tersedia. Tidak semua video bisa menggunakan fitur ini. Hanya video yang “good standing”.

5. Viewer-Contributed Subtitles & Closed Captions

Tahukah kamu bahwa kamu bisa berkontribusi untuk menambahkan subtitle dan menutup caption dari video orang lain? Beberapa channel ada yang mengaktifkan viewer-contributed subtitles, jadi kamu bisa dengan bebas menerjemahkan atau mengoreksi subtitle yang dirasa belum tepat atau salah.

Jika video itu sudah mengaktifkan subtitles atau closed captions, klik More > Transcript atau menu CC dalam player > Language > Add Subtitles/CC. Jika videonya belum ada subtitle atau closed captionmaka klik More > Transcript > Add Subtitles / CC.

Jika subtitle yang kamu tambahkan sudah disubmit dan diapprove, maka subtitle yang sebelumnya akan segera diperbaiki/ditulis ulang secara otomatis.

6. YouTube TV Mode untuk Layar Lebar

YouTube TV adalah interface untuk para viewer yang lebih memilih menonton video YouTube di TV mereka, ditambah popcorn, di sofa yang nyaman. Kendalanya hanyalah kamu tidak bisa menggunakan mouse untuk klik. Tapi, kamu bisa menggunakan keyboard untuk menavigasikannya. Lebih hebatnya lagi, kamu bisa menghubungkan smartphonemu dengan smartTV sehingga kamu cukup memilih video dan menekan tombol pause melalui smartphone!

7. Embed Video Dengan Ukuran Tertentu

Kamu juga bisa menentukan resolusi video yang akan ditampilkan, dalam link yang sudah diembed. Pilih Share > Embed pada pilihan di bawah video. Klik SHOW MORE untuk melihat preview dari video tersebut.

Di bawah video ada opsi untuk memilih ukuran Video yang ingin kamu embed.

8. Menambah Subscription Link dan Button ke Videomu

Untuk menambahkan subscription link, login ke akunmu, pilih Video Manager dan klik Edit pada video yang kamu inginkan. Kemudian masuk ke sesi Annotations.

Kamu bisa memilih 1 sari 5 tipe anotasi: Speech Bubble, Note, Title, Spotlight or Label. Pilih salah satu, atau, Note dan tuliskan “Click here to subscribe“/ “Klik di sini untuk berlangganan.” Pilih ukuran font size dan color, kemudian tentukan durasi waktu untuk menampilkan link berlangganan ini.

Klik di Link check box, pilih Subscribe dan masukkan username YouTube. Kamu juga bisa memilih apakah link itu akan dibuka di tab baru atau tidak. Setelah kamu selesai dengan konfigurasi ini kemudian klik Save > Apply changes.

Jika kamu memilih menggunakan tombol aksi (CTA), maka kamu bisa mengupload tombol subscribe sebagai watermark, gunakan tip #1.

9. Menambahkan Efek Audio

Jika kamu ingin mengganti audio original dari video YouTube dengan file audio lainnya, pilih opsi Audio. Pada bagian kanan video akan muncul playback tracks untuk dipilih dalam berbagai kategori.

Pilih tracknya, kemudian pilih Save as new video. Kamu juga bisa menghapus perubahan itu dengan klik Revert to Original.

10. Menambahkan Fixes, Filters, dan Effects pada Video

Berbeda dengan perubahan audio, videomu bisa ditambahkan dengan fitur lainnya hanya dengan masuk ke seksi Enhancements.Di sana akan ada pilihan Quick fixes untuk auto-fix semua masalah atau kekurangan dalam videomu, menstabilkan gambar yang berguncang, mengubah kecepatan atau membuat timelapse dari video, memotong dan merotate videomu.

Kamu juga bisa mengaplikasikan filter warna pada video dalam opsi Filters. Kemudian, jika kamu harus mengaburkan wajah seseorang dalam video, pilih opsi Special effects. Kamu bisa melihat perbandingan dari video original dengan yang sudah di edit melalui side-by-side comparison sebelum perubahan itu disimpan.

Dengan banyaknya fitur yang bisa kamu lakukan dalam YouTube, menunjukkan bahwa platform ini telah menjadi jajaran platformbesar yang sangat populer dan wajar jika disandingkan dengan Facebook dan Twitter, mengingat era digital yang semakin kuat saat ini. Bagaimana? Mudah kan? Baca juga artikel menarik lainnya di Hostingbali.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s